Verifikasi Faktual Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020

Verifikasi Faktual Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020


Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang telah melaksanakan salah satu tahapan Pemilihan Bupati Ketapang Tahun 2020 terkait dengan Dukungan Bakal Calon Perseorangan, yakni tanggal 24 s/d 29 Juni 2020 KPU Kabupaten telah melakukan penyerahan dokumen dukungan Bakal Calon Perseorangan atas nama Muhammad Yasir Anshari – Budi Mateus kepada PPS melalui PPK sekaligus dalam kegiatan tersebut melakukan monitoring bimbingan teknis terhadap PPS dan monitoring persiapan pelaksanaan verifikasi faktual. Selanjutnya pelaksanaan verifikasi faktual oleh PPS dilaksanakan 14 hari sejak dokumen dukungan diterima PPS yaitu dalam rentang waktu tanggal 24 Juni s/d 12 Juli 2020, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal  Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 dan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang Nomor 153/PP.01.2-Kpt/6104/KPU-Kab/VI/2020 tentang Perubahan Kelima Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang Nomor 619/PP.01.2-Kpt/6104/KPU/X/2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal  Penyelenggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020.

Sesuai data sebaran pendukung, terdapat 33.365 jumlah pendukung yang telah dinyatakan memenuhi syarat dalam verifikasi administrasi oleh KPU Kabupaten Ketapang dan tersebar di 258 desa di 20 Kecamatan Kabupaten Ketapang. PPS memiliki waktu 14 hari sejak berkas diterima untuk melakukan proses verifikasi tersebut. Jika data pendukung telah memenuhi syarat minimal dukungan yakni sebanyak 31.793 maka KPU Kabupaten dapat melanjutkan proses tahapan kepada penetapan bakal pasangan calon. Namun jika kurang dari jumlah minimal maka terdapat penambahan dua kali lipat dari jumlah kekurangannya. Setelah dilakukan verifikasi faktual, selanjutnya dilakukan rekapitulasi dukungan secara berjenjang, untuk tingkat kecamatan dilakukan pada tanggal 13 s/d 19 Juli 2020, sedangkan untuk tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 21 Juli 2020

KPU Kabupaten Ketapang terus berupaya melaksanakan proses tahapan secara transparan dan terbuka dan sesuai dengan standar protokol kesehatan guna pencegahan penularan Covid-19. Terkait hal ini KPU Kabupaten sudah melakukan distribusi APD (alat pelindung diri) di tiap petugas PPS selaku verifikator data pendukung, dengan demikian PPS harus mengenakan APD selama proses verifikasi pendukung, juga sebelum melaksanakan verifikasi faktual melakukan pengukuran suhu tubu di kantor desa/kelurahan atau Puskesmas. Di samping itu KPU Kabupaten Ketapang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang melakukan rapid test terhadap anggota PPS dan sekretariat PPS untuk beberapa kecamatan, desa/kelurahan yang sudah ditentukan oleh Dinas Kesehatan, dengan ketentuan apabila hasi rapid test ada yang reaktif maka tidak diperbolehkan melaksanakan tugas dan harus melakukan isolasi mandiri, selanjutnya akan dilakukan Swab.