KPU TERIMA DUKUNGAN PERBAIKAN BAPASLON PERSEORANGAN

KPU TERIMA DUKUNGAN PERBAIKAN BAPASLON PERSEORANGAN


Pada tanggal 27 Juli 2020 pukul 22.35 telah dilakukan penyerahan dukungan perbaikan oleh Bakal Pasangan Calon Perseorangan Muhammad Yasir Anshari – Budi Mateus, S.Pd., M.Si., di Kantor KPU Kabupaten Ketapang. Berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2017, untuk menjadi calon perseorangan, syarat minimal dukungan sebanyak 31.793. Pada penyerahan tahap pertama Bapaslon menyerahkan sebanyak 40.722 dan setelah dilakukan proses verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual, jumlah pendukung yang memenuhi syarat sejumlah 19.249. Dengan demikian, masih kurang 12.544 untuk mencapai minimal dukungan 31.793. Sesuai jadwal tahapan penyerahan perbaikan tanggal 25-27 Juli 2020,  yang harus diserahkan di tahapan perbaikan ialah sejumlah 2 kali lipat dari jumlah kekurangan yakni 25.088 dukungan.

Pada tahap dukungan perbaikan, Bakal Pasangan Calon Muhammad Yasir Anshari – Budi Mateus, S.Pd., M.Si., yang juga dihadiri oleh Bawaslu telah melakukan penyerahan dukungan perbaikan. Dokumen terdiri dari Formulir Model B.1.1-KWK Perseorangan Perbaikan, Formulir Model B.2-KWK Perseorangan Perbaikan dan lampirannya Formulir Model B.1-KWK Perseorangan Perbaikan. Setelah melalui proses pengecekan dan penghitungan dokumen dukungan yang disaksikan Bawaslu dan LO Bapaslon, dari 30.018 dukungan yang diserahkan, 28.137 dinyatakan memenuhi syarat sedangkan 1.881 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Meski telah melampaui ambang batas jumlah dukungan perbaikan, jumlah dukungan yang berhasil dikantongi belum final. Dukungan perbaikan tersebut selanjutnya akan melalui proses verifikasi administrasi sebelum diserahkan kepada PPS untuk dilakukan verifikasi faktual pada tanggal 8 sd 16 Agustus 2020. Verifikasi factual perbaikan ini dilaksanakan melalui koordinasi PPS dengan LO bakal pasangan calon untuk menghadirkan seluruh pendukung pada suatu tempat yang telah ditentukan untuk mencocokan dan meneliti kebenaran dukungannya. Namun jika dalam kesempatan tersebut pendukung tidak hadir, maka pendukung tersebut bisa langsung mendatangi kantor PPS desa/kelurahan untuk membuktikan dukungannya paling lambat sebelum batas akhir masa verifikasi faktual perbaikan.