KPU DATANGI RUMAH KETUA BAWASLU Keterangan Foto : Menempelkan Form Model A.A.2-KWK setelah dilakukan Coklit

KPU DATANGI RUMAH KETUA BAWASLU


COKLIT SERENTAK DILAKUKAN OLEH PPDP SE-KABUPATEN KETAPANG

KPU Kabupaten Ketapang melaksanakan Coklit (Cocok dan Teliti) data pemilih dalam persiapan Pemilihan lanjutan tahun 2020. Kegiatan Coklit dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020. Coklit Secara Teknis dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih yang biasa disebut PPDP.

PPDP didampingi oleh PPK dan PPS melakukan Coklit perdana pada tanggal 15 Juli 2020 dikediaman Rumah Ketua KPU yaitu Bapak Tedi Wahyudin, kemudian beranjak menuju Kediaman Ketua Bawaslu Kabupaten Ketapang ( Nuriyanto ).

Proses Pencoklitan dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku, tentunya setiap petugas juga wajib mengedepankan Protokol Kesehatan. Proses Pemutakhiran Data Pemilih ini sangat diyakini oleh Jami Surahman Selaku Ketua Divisi yang membidangi akan menghasilkan Data Pemilih yang berkualitas.

Dilain kesempatan Tedi Wahyudin selaku Ketua KPU Kabupaten Ketapang mengharapkan proses Coklit ini berjalan lancar dan Kondusif. Tedi menghimbau kepada seluruh jajaran agar berkomitmen dalam menjalankan tugas penyelenggara sehingga menghasilkan pekerjaan-pekerjaan yang Akuntabel.

Sosialisasi terkait tahapan ini, Upaya maksimal terus dilakukan oleh KPU baik itu secara langsung maupun melalui Media Sosial. Catatan penting yang disampaikan oleh Komisioner KPU pada saat Bimtek beberapa hari yang lalu diantaranya :

  • Pastikan bahwa pemilih yang akan didaftar adalah benar-benar warga daerah pemilihan tersebut yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP-el, Kartu Keluarga dan Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  • Jangan Daftarkan pemilih yang berasal dari daerah lain (perantauan) yang menetap diwilayah kerja PPDP, tetapi belum atau tidak memiliki administrasi Kepndudukan setempat/Wilayah yang melaksanakan pemilihan.
  • Pastikan Pemilih yang dicoret memang benar tidak memenuhi syarat.
  • Selalu sosialisasikan kepada masyarakat untuk Pro Aktif/memastikan data pribadi beserta keluarga terdaftar sebagai pemilih

Pada akhir pelaksanaan tugas KPU juga berpesan kepada PPDD mengecek kembali kelengkapan kerja,untuk selalu berkoordinasi dengan PPS, RT/RW atau sebutan lain sehingga tidak ada hal yang terlewat dalam pelaksanaan Coklit.

"Setelah coklit selesai, kita akan lakukan rekapitulasi berjenjang mulai dari tingkat Kelurahan/Desa, Kecamatan hingga ditetapkan oleh KPU Kabupaten" Ungkap Jami Surahman.

KPU Kabupaten Ketapang akan Mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada  19 - 28 September 2020.