GELAR FGD EVALUASI PILKADA          Keterangan Foto : Kegiatan FGD Evaluasi Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020, di Cendana meeting room Senin / 15 Februari 2021.

GELAR FGD EVALUASI PILKADA


Berbagai isu strategis dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020 menjadi bahan evaluasi Pilkada serentak yang dikemas dalam bentuk focus group discussion (FGD) atau diskusi kelompok terfokus yang digelar pada Senin/15 Februari 2021 di borneo emerald hotel Ketapang. Nara sumber utama dalam FGD tersebut adalah Dosen Fisip Untan Pontianak Jumadi, Ph.D dan Ketua KPU Provinsi Kal-Bar Ramdan, M.Pd. FGD yang dibagi kedalam tiga sesi ini diikuti oleh stakeholder seperti : Forkopimda, Ketua Partai Politik pengusul pasangan calon, Bawaslu, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun organisasi perangkat daerah.

Ketua KPU Kabupaten Ketapang Tedi Wahyudin saat membuka kegiatan FGD tersebut mengatakan “ FGD diselenggarakan dengan tujuan untuk mengekplorasi secara lebih mendalam permasalahan dan atau kekurangan yang terdapat dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020, utamanya yang merupakan implikasi dari ketentuan dalam Peraturan KPU kemudian mengumpulkan dan menginventarisir berbagai gagasan-gagasan solutif yang direkomendasikan sebagai bahan dalam penyempurnaan peraturan teknis pemilihan untuk perbaikan pemilihan serentak di masa datang yang mungkin lebih berat tantangannya“.

Menurut Tedi “ berbagai komponen penting yang diangkat di dalam FGD atau yang menjadi isu-isu pokok yang dievaluasi dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020 di masa pandemi covid-19, seperti : anggaran, rekrutmen penyelenggara ad hoc, logistik, data pemilih, pencalonan, kampanye, dana kampanye, pungut hitung dan Sirekap, sengketa pemilihan hingga penerapan protokol kesehatan.