AKHIRI MASA TUGAS PPK DAN PPS

AKHIRI MASA TUGAS PPK DAN PPS


KPU Kabupaten Ketapang secara resmi mengakhiri masa tugas badan penyelenggara pemilihan ad hoc PPK dan PPS yang dibentuk untuk menjalankan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2020. Sesuai dengan ketentuan bahwa penyelenggara pemilihan tersebut dibentuk dan dibubarkan oleh KPU Kabupaten/Kota, pembubaran PPK dan PPS ini telah dilakukan kemarin di kecamatan masing-masing sekaligus penyerahan penghargaan dan ucapan terima kasih atas kerjanya selama tahapan pemilihan serentak Tahun 2020.

Pelaksana Harian Ketua KPU Ketapang Ahmad Shiddiq, pada Selasa 2 Februari 2021 mengatakan “ masa tugas PPK dan PPS telah berakhir pada 31 Januari 2021 seiring dengan berakhirnya tahapan pemilihan, dan selama tahapan pemilihan tugas PPK dan PPS sangat strategis dalam membantu KPU Kabupaten menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang jumlahnya mencapai 946 orang. Apalagi Pilkada serentak dilaksanakan ditengah pandemi covid-19  dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat membuat kerja penyelenggara menjadi cukup berat di semua tahapan “.

“Selama tahapan pemilihan  tentu banyak dinamika yang dialami oleh penyelenggara PPK dan PPS namun demikian dari awal sejak rekrutmen dilakukan selalu ditekankan prinsip-prinsip penyelenggara pemilihan yang berintegritas sehingga tugas-tugas yang diberikan oleh undang-undang dapat dilaksanakan dengan baik.  Tidak dapat dipungkiri adanya kekurangan dan kelemahan dalam penyelenggaraan pemilihan menjadi PR Kita bersama seperti rekrutmen penyelenggara pemilihan ad hoc, kampanye, sosialisasi, data pemilih, pemungutan dan penghitungan suara ataupun Sirekap dan itu telah dilakukan evaluasi dari berbagai aspek yang menghasilkan daftar inventarisasi masalah (DIM) dan rekomendasi untuk perbaikan regulasi dalam pemilihan yang akan datang”, kata Ahmad Shiddiq.

“Penetapan hasil pemilihan sudah diserahkan kepada DPRD yang menjadi dasar untuk pengusulan pengesahan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati oleh pejabat berwenang dan itu memang menjadi domainnya pemerintah daerah. Saat ini tahapan yang masih dalam proses di KPU Kabupaten adalah pelaporan dan pertanggungjawaban penyelenggaraan pemilihan. Kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan kesuksesan masyarakat Kabupaten Ketapang, oleh karena itu KPU Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung perhelatan lima tahun sekali ini”, pungkas Ahmad Shiddiq.