Selamat Datang Di Website Resmi KPU Kabupaten Ketapang   |   Kunjungi Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Ketapang   |   Segera Miliki KTP Elektronik (e-KTP) Agar Anda Bisa Menggunakan Hak Pilih Pada PILGUB Kalbar 2018   |   Saatnya Kalimantan Barat Memilih, Pada 27 Juni 2018. JANGAN LUPAK YEE....!!!   |   KPU Ketapang turut Berduka Cita atas wafatnya Bpk. Antonius Soter Sekretaris PPK Simpang Dua   |  

KPU Ketapang Membuat Tiga Draft Usulan Dapil Pemilu 2019

Senin, 22 Januari 2018 | Oleh : kpuktp | Kategori : Komisi Pemilihan Umum


KETAPANG – Pasca diserahkan Data Agregat Kependudukn per Kecamatan (DAK2) dari Kementerian Dalam Negeri kepada KPU RI, data tersebut menjadi pedoman KPU Republik Indonesia dalam melakukan penataan daerah pemilihan (Dapil) dalam Pemilu Umum (Pemilu) 2019.

“KPU RI sudah menetapkan Jumlah Penduduk dan Jumlah Kursi DPRD Kabupaten/Kota berdasarkan DAK2 yang diterima dari Pemerintah, KPU Kabupaten Ketapang kemudian menyusun dan memberikan usulan penataan Dapil DPRD Kabupaten Ketapang dalam Pemilu Tahun 2019” Kata Kartono Nuryadi, anggota KPU Divisi Teknis. 

Sebelum menyampaikan Usulan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten ke KPU RI melalui KPU Provinsi, KPU Kabupaten Ketapang menempuh tahapan sebagai berikut :

1. Penyusunan usulan penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Ketapang tanggal 12 Januari - 1 Februari 2018;

2. Penyampaian dan pencermatan usulan penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Ketapang kepada Publik tanggal 2 - 6 Februari 2018;

3. Uji Publik usulan penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Ketapang tanggal 7 - 13 Februari 2018;

4. Penyerahan usulan penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Ketapang dan Rekapitulasi oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat 14 - 27 Februari 2018.

Selanjutnya KPU Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan rekapitulasi usulan Dapil DPRD untuk dilakukan Penataan dan Penetapan Dapil DPRD Kabupaten/Kota oleh KPU RI.

Kartono menjelaskan ada 7 prinsip yang harus diperhatikan dalam penataan Dapil yaitu: Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, Proporsionalitas, Integralitas wilayah, Berada dalam satu wilayah yang sama (coterminus), Kohesivitas dan Kesinambungan. Atas dasar itu KPU Kabupaten Ketapang melakukan rapat kerja penataan dan penyusunan Dapil sebanyak dua kali dengan mengundang partai politik dan para pihak yang berkepentingan untuk menyerap dan menerima masukkan dari hasil rapat kerja tersebut. Selain itu juga KPU Kabupaten Ketapang menerima surat usulan  secara resmi tentang penataan Dapil dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang, Partai Golongan Karya (GOLKAR) dan Komisi II DPRD Kabupaten Ketapang.

Setelah semua proses dilakukan, KPU Kabupaten Ketapang membuat 3 draft usulan penataan Dapil dengan berbagai pertimbangan dan masukkan.

“Untuk itu kami menunggu kepada para pihak untuk menyampaikan masukkan dan tanggapan secara tertulis terhadap draft usulan Dapil sebelum dilakukan uji publik”. Ujar Kartono.

Draft usulan dapat diunduh disini

Berita Terkait




Copyright © 2018 . KPU KABUPATEN KETAPANG