Selamat Datang Di Website Resmi KPU Kabupaten Ketapang   |   Kunjungi Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Ketapang   |   Segera Miliki KTP Elektronik (e-KTP) Agar Anda Bisa Menggunakan Hak Pilih pada PEMILU 2019   |  

Mutakhirkan Data Pemilih, KPU Segera Bentuk PPDP

Rabu, 27 Desember 2017 | Oleh : kpuktp | Kategori : Pilgub Kalbar Tahun 2018


KETAPANG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang segera membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam waktu dekat ini. Petugas yang ditunjuk merupakan ujung tombak  dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih dalam Pemilihan Gubnernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018.

Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas KPU Kabupaten Ketapang, Jabidi Erwan mengatakan PPDP bertugas melakukan coklit (pencocokan dan penelitian)  yang akan dilakukan secara serentak mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Menurutnya, tahapan penyusunan daftar pemilih sangat penting dalam Pemilu.

“Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pilkada serentak 2018. Karena sangat menentukan bagi tahapan Pemilu berikutnya,” kata dia.

Jabidi mengemukakan PPDP dalam melaksanakan tugasnya mengemban misi yang sangat penting yakni melayani hak konstitusi warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. Tegasnya, petugas wajib mendatangi warga di setiap rumah.

“Masa tugas PPDP ini selama dua bulan dalam memutakhirkan data pemilih. Sehingga tugas berat ini dapat dilaksanakan dengan baik,” ujar Jabidi.

Mantan pegawai Keluharan Sampit ini mengungkapkan PPDP ini diusulkan oleh PPS. Dikatakanya, setiap satu tempat pemungutan suara ada satu orang PPDP yang berasal dari pengurus RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang sangat faham betul dengan masyarakatnya. 

“Sebelum melaksanakan tugasnya PPDP akan dibekali tata cara coklit dengan memberikan bimbingan teknis kepada mereka.Rencananya akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Januari 2018,” jelasnya.

Jabidi mengatakan PPDP ini juga akan dibekali dengan berbagai perangkat kerja maupun buku panduan sebagai pedoman agar dalam melaksanakan tugasnya. Dikatakannya, agar dalam melaksanakan tugas dapat berjalan lancar. 

“Saat ini jumlah PPDP masih mengacu pada jumlah TPS pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang tahun 2015 yakni sebanyak 1.104 TPS. Berarti sebanyak itulah jumlah PPDP yang akan bertugas melakukan pemutakhiran data pemilih,” kata Jabidi. (*)

 

Berita Terkait




Copyright © 2018 . KPU KABUPATEN KETAPANG