Selamat Datang Di Website Resmi KPU Kabupaten Ketapang   |   Kunjungi Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Ketapang   |   Segera Miliki KTP Elektronik (e-KTP) Agar Anda Bisa Menggunakan Hak Pilih Pada PILGUB Kalbar 2018   |   Saatnya Kalimantan Barat Memilih, Pada 27 Juni 2018. JANGAN LUPAK YEE....!!!   |   KPU Ketapang turut Berduka Cita atas wafatnya Bpk. Antonius Soter Sekretaris PPK Simpang Dua   |  

Verifikasi Kepengurusan Parpol Calon Peserta Pemilu 2019

Jumat, 22 Desember 2017 | Oleh : kpuktp | Kategori : Pemilu 2019


KETAPANG – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang, Jumat (22/12) kemarin, melakukan verifikasi faktual kepengurusan partai politik calon peserta pemilihan umum tahun 2019. Kegiatan ini mengecek keberadaan sekretariat dan kepengurusan terhadap Partai Solidaritas Indonesia di Jalan Tegas, Kelurahan Sampit, Kecamatan Delta Pawan dipimpin langsung Ketua KPU Ketapang Ronny Irawan didampingi dua anggota lainnya.

Ketua KPU Ketapang Ronny Irawan mengatakan verifikasi faktual kepengurusan parpol peserta Pemilu 2019 beriringan dengan keanggotaan juga. Dikatakannya, kedatangan tim verifikasi ke sekretariat parpol ini untuk melihat apakah memang benar ada pengurus serta kantornya.

“Dalam melaksanakan tugas ini, tim dari Panwaslu Ketapang juga menyaksikan apa yang telah dilakukan. Tim verifikasi menanyakan jumlah pengurus, kartu anggota dan jumlah keterwakilan perempuan dalam kepengurusan,” katanya.

Ia menjelaskan setelah dilakukan verifikasi faktual, nanti baru akan dituangkan dalam berita acara. Jelas Ronny sapaan akrabnya, apakah memenuhi syarat atau tidak.

“KPU Ketapang tidak langsung memberikan opini atau pendapat terhadap apa yang telah dilaksanakan pada hari ini. Kami akan menyampaikan secara keseluruhan hasil verifikasi faktual nantinya,” ujar Ronny.

Anggota KPU Ketapang Tedi Wahyudin mengungkapkan ada dua parpol calon peserta Pemilu 2019 yang dilakukan verifikasi faktual di Kabupaten Ketapang yakni PSI dan Perindo. Ungkap dia, hari ini (kemarin, red) pengecekan terhadap PSI.

“Besok, kami akan melakukan verifikasi faktual kepengurusan Partai Perindo. KPU Ketapang juga mengkoordinasikan verifikasi faktual keanggotaan yang belum bisa ditemui oleh verifikator beberapa hari lalu,” katanya.

Menurutnya, waktu untuk verifikasi faktual ini hingga 4 Januari 2018. Tedi mengatakan walaupun waktu masih ada, KPU Ketapang berkoordinasi dengan parpol yang di verifikasi sehingga bisa membantu menemui anggota mereka di lapangan.

“Berdasarkan aturan, KPU kabupaten/kota dapat berkoordinasi dengan parpol untuk melakukan verifikasi faktual keanggotaan. Sehingga parpol tidak dirugikan,” tutur Tedi.

Ia mengharapkan semua berjalan lancar pada tahap verifikasi faktual kepengurusan maupun keanggotaan parpol calon peserta Pemilu 2019. “Sebab agenda Pemilu 2019 dengan Pilkada serentak 2018 cukup padat. Mudah-mudahan tim verifikator tidak mengalami kendala berarti di lapangan,” harapnya.(*)

Berita Terkait




Copyright © 2018 . KPU KABUPATEN KETAPANG