Selamat Datang Di Website Resmi KPU Kabupaten Ketapang   |   Kunjungi Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Ketapang   |   Segera Miliki KTP Elektronik (e-KTP) Agar Anda Bisa Menggunakan Hak Pilih pada PEMILU 2019   |  

Dua Parpol Cabut Acak Sampel Vertual Keanggotaan

Jumat, 15 Desember 2017 | Oleh : kpuktp | Kategori : Pemilu 2019


KETAPANG – Dua partai politik di Kabupaten Ketapang yakni Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia melakukan pencabutan nomor undi acak sampel sederhana untuk keperluan verifikasi faktual keanggotaan, Jumat (15/12) kemarin. Pengambilan undi dipandu oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang Ronny Irawan didampingi seluruh anggota dan disaksikan Panwaslu kabupaten.

Pengambilan amplop undian acak sampel secara bersamaan dilakukan oleh Supardi dari Partai Perindo mendapatkan nomor sepuluh dan Beni Hardian dari Partai Solidaritas Indonesia memperoleh nomor Sembilan. Berdasarkan hasil undian, selanjutnya operator langsung memasukkan nomor undi ke aplikasi sistem informasi partai politik (SIPOL, red) dan hasilnya daftar nama anggota parpol yang nantinya akan diverifikasi faktual.

Ketua KPU Kabupaten Ketapang Ronny Irawan mengatakan berdasarkan data SIPOL jumlah keanggotaan yang memenuhi syarat pada tahap verifikasi administrasi untuk Partai Perindo sebanyak 842 nama anggota dan Partai Solidaritas Indonesia sebanyak 630 nama anggota. Dikatakannya, sesuai dengan aturan tentang pengambilan sampel sebanyak 10 % (sepuluh persen, red) maka sampel dari Partai Perindo sebanyak 84 nama dan Partai Solidaritas Indonesia sebanyak 63 nama.

“Daftar nama itu sudah muncul dari SIPOL. Kami akan melakukan verifikasi faktual ke lapangan terhadap nama-nama yang sudah teracak tadi menggunakan aplikasi,” katanya.

Ia menjelaskan tidak hanya verifikasi faktual kepada anggota tetapi juga verifikasi faktual kepengurusan tingkat kabupaten terhadap kedua parpol tersebut. Jelas Ronny, terhadap parpol peserta Pemilu 2014 yang telah lolos verifikasi administrasi kemarin tidak lagi di faktual.

“Kami akan mengkoordinasikan jadwal verifikasi faktual ini dengan Panwaslu ketika turun lapangan. Mudah-mudahan tidak ada kendala pada tahap ini, sehingga semua berjalan dengan lancar,” ungkap Ronny.(*)

Berita Terkait




Copyright © 2018 . KPU KABUPATEN KETAPANG